JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 1 (2022)

Adversity Quotient and Learning Interests To Mathematics Learning Achievement

Edhy Rustan (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)
Muhammad Ihsan (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)
Nurlindasari Nurlindasari (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Abstrak. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi prestasi belajar matematika. Faktor tersebut diantaranya adversity quotient dan minat belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Adversity Quotient (AQ) dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, serta faktor yang paling mempengaruhi prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto, dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di salah satu SMK Negeri di Palopo, dengan sampel sebesar 76 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis Structural Equation Model (SEM) berbantuan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan  Adversity Quotient dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri Palopo secara simultan. Variabel Adversity Quotient dan minat belajar berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ( . Variabel confidence memiliki hubungan yang paling besar yaitu 0,508 sedangkan hubungan yang paling kecil ditunjukkan oleh hubungan antara Interest dan Liveliness terhadap prestasi dengan koefisien 0,227. Dengan demikian, dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, tidak cukup hanya dengan minat melainkan membutuhkan adversity question terutama aspek kepercayaan diri.Kata Kunci: Adversity Quotient, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...