JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 3 (2022)

Disposisi Matematika dan Kecerdasan Logika Matematika: Apakah Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA?

Sri Depi (Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI)
Hawa Liberna (Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran matematika siswa di dalam kelas agar siswa, guru, maupun pihak sekolah lebih mempertimbangkan faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh disposisi matematika dan kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survei korelasional dan teknik analisis jalur (path analysis). Penelitian dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Bogor. Sampel sebanyak 70 siswa SMA yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner dan tes yang telah melalui uji validatas dan reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis data meliputi uji normalitas menggunakan uji Chi-Kuadrat,  uji linieritas regresi, uji multikolinieritas dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara disposisi matematika dan kecerdasan logika matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.  Dapat diketahui juga bahwa terdapat pengaruh positif disposisi matematika terhadap kecerdasan logika matematika. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah harus diiringi dengan perbaikan disposisi matematka dan kecerdasan logika matematika. Kata Kunci: Disposisi Matematika, Kecerdasan Logika Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...