Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 No 2 (2023): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2022 - Mei

HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS SISWA

Ramadoni (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Henny Yulia Fatma (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 39 Padang dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket kemandirian belajar siswa dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi teorema pythagoras. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi R square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,733 dan koefisien determinasi 53,7%. Tingkat kemandirian belajar siswa tergolong sedang berdasarkan perhitungan persentase sebesar 80%. Tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah dengan persentase sebesar 46,67%. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...