JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia)
Vol 8, No 1 (2023)

Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang

Abdul Rachman (Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama)
Sunardi Sunardi (Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama)
Aisyah Defy R Simatupang (Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama)
Shofiah Tidjani (Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama)
Martavevi Azwar (Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) adalah kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM Kedu Emas di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) merupakan program gratis yang ditawarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui BPJPH. Program tersebut merupakan salah satu strategi dalam mengakselerasi peningkatan jumlah pelaku UMKM yang tersertifikasi halal di Indonesia. Metode pada kegiatan ini yaitu PAR (Participatory Action Research) yaitu metode yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pendampingan proses produk halal di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Pelaku usaha yang didampingi adalah pelaku usaha yang bergabung dalam kelompok Kedu Emas dengan berbagai macam produk baik produk makanan seperti siomay, pempek, keripik singkong, keripik kentang, dan sebagainya. Pendampingan ini dilakukan untuk dapat melatih dan mendampingi para pelaku UMKM dalam mengisi Manual SJPH, mengisi aplikasi SiHalal dan menginput data produksi pada aplikasi SiHalal serta melakukan verifikasi dan validasi pada produk yang didaftarkan pada program SEHATI. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah tersertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang didampingi sehingga memiliki nilai tambah pada produk yang diproduksi dan terjamin kehalalan produk yang sudah disertifikasi halal melalui program sertifikasi halal gratis (SEHATI).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Nursing Public Health Social Sciences

Description

JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia) ISSN 2548-3463 (online) adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang pengabdian ...