Social Sciences and Humanity Studies
Vol. 1 No. 1 (2022): Social Sciences and Humanity Studies

Cooperative Learning Type Number Head Together: A Literature Review Perspective

Nazar Hamid (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Selama ini sekolah-sekolah menengah atas, termasuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA), masih kekurangan fasilitas dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Adanya kekuModul, LKSrangan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa, seperti pada mata pelajaran Akuntansi, yang cenderung lebih rendah. Hal ini diakibatkan masih banyaknya sekolah yang menggunakan model pembelajaran yang bersifat klasik dengan materi pembelajaran yang disusun oleh guru secara monolog dimana guru merancang suatu materi kemudian siswa diberi contoh soal dari latihan aplikasi soal. Akibatnya kesempatan siswa untuk mengalami proses penemuan cara-cara penyelesaian soal secara praktis hampir tidak ada. Berdasarkan analisis dan hasil pembahasan, disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT dilengkapi modul tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan kualitas prestasi belajar dengan menggunakan metode dan media ini sangat baik. Begitu juga yang menggunakan model Cooperative tipe NHT dilengkapi LKS termasuk kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa kualitas prestasi belajar sudah baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sshs

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Social Sciences and Humanity Studies is a peer reviewed, open access international scientific journal dedicated for publication of high quality original research articles as well as review articles in the all areas of Journal of Social Sciences and Humanity ...