Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 3, No 2 (2023): June

Pelatihan Kepemimpinan Karang Taruna dan Kepeloporan melalui Strategi Pengembangan Model Transformative Learning di Gorontalo

Puspita Djailani (Universitas Negeri Gorontalo)
Fatma Ali (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran transformatif adalah proses pembelajaran yang “mendekatkan pemuda karang taruna Dembe Jaya dengan kenyataan”dan menghadirkan pengetahuan kritis, reflektif. Pembinaan kepemudaan dengan model pembelajaran transformatif dilaksanakan karena masih minimnya organisasi kepemudaan dan minimnya partisipasi kepemudaan ini sehingga menyebabkan karang taruna dembe jaya on/off. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan cra menggunakan jenis data kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi.analisis perumusan masalah dan analisis model oleh miles dan huberman yang digunakan dalam analisis data, yaitu. H. Reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efek pendampingan organisasi kepemudaan dengan model pembelajaran transformatif meliputi efek pendidikan dan efek samping yang dialami oleh pemuda di karang taruna Dembe Jaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...