Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui media kartu bergambar kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf tegak bersambung melalui media kartu bergambar pada siswa kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian dapat dilihat setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan I dari 14 siswa yang mampu menulis tegak bersambung 3 siswa atau 21% yang tidak mampu menulis tegak bersambung terdapat 11 siswa atau 79%. Pada siklus I pertemuan II terdapat 5 siswa atau 36% siswa yang mampu menulis tegak bersambung dan sisanya terdapat 9 siswa atau 64% yang tidak mampu menulis tegak bersambung. Hal ini belum mencapai target yang telah ditentukan yaitu minimal 75% maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I dari 14 siswa yang mampu menulis tegak bersambung 9 siswa atau 64% yang tidak mampu menulis tegak bersambung terdapat 5 siswa atau 36%. Kemudian pada siklus II pertemuan II terdapat 12 siswa atau 86% siswa yang mampu menulis tegak bersambung dan 2 siswa atau 14% yang tidak mampu menulis tegak bersambung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui media kartu bergambar kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas II di SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Copyrights © 2023