G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 7 No. 03: Agustus 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Identifikasi Tentang Etika Digital Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Iis Lathifah Nuryanto (Universitas PGRI Yogyakarta)
Herwinda Putri Daniswari (Universitas PGRI Yogyakarta)
Anggi Sulistiyantoro (Universitas PGRI Yogyakarta)
Aida Nur Asyifa (Universitas PGRI Yogyakarta)
Septia Nadia Virani (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis tentang gambaran secara umum etika digital peserta didik di SD Patran Gampig-Sleman DIY. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket etika digital peserta didik. Sasaran penelitian ialah peserta didik SD Patran, Gamping-Sleman DIY. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menyajikan deskripsi hasil olah data statistika. Hasil penelitian yang diperoleh tentang profil etika dgital peserta didik SD Patran Gamping cenderung pada kategorisangat tinggi sebesar 37,42%. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa SD Patran sudah memiliki etika digital yang baik dengan indikator yaitu memiliki tata cara yangbaik dalam berselancardi duniadigital, memiliki pengetahuan tentang informasi hoax dan memahami dengan baik tata cara berkomunikasi di dunia digital   Kata kunci: etika digital, peserta didik, sekolah dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...