Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 2 No 1 (2023): Maret

Pengaruh Kemasan, Label Halal MUI, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kacang (Studi Kasus pada UD. UMEGA Hj. Eliya Lubis Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara)

Muhammad Iqbal (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kemasan, label halal MUI dan cita rasa terhadap keputusan pembelian roti kacang Hj. Eliya Lubis. Subjek populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen roti kacang Hj. Eliya Lubis. Adapun yang menjadi objek populasi penelitian ini adalah keputusan pembelian roti kacang Hj. Eliya Lubis. Sampel diambil sebanyak 10% dari seluruh populasi konsumen yang membeli produk roti kacang pada bulan Mei 2022, yaitu sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner yang secara langsung diisi oleh konsumen roti kacang Hj. Eliya Lubis. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan menggunakan uji hipotesis, yakni Uji Parsial (Uji T), Uji Simultan (Uji F) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data telah valid, reliabel, berdistribusi normal, tidak bersifat heteroskedastisitas dan tidak terjadi gejala multikoliniaritas sehingga data dapat dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dan menghasilkan nilai Y=2,927+0,436X1-0,232X2+0,230X3.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...