Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2023

TANTANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL DI MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAJIRIN TUGUMULYO MUSI RAWAS

Saipul Annur (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Wulan Oktarina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Ellen Okta Divy (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Benny Wachyudianta (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Citra Lestari (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Irham Khumaidi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Lisa Hepriyanti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Serli Widya Astuti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus untuk mensosialisasikan dan memberikan ilmu dan wawasan bagi para guru Madrasah Aliyah (MA) Muhajirin Tugumulyo Musi Rawa tentang bagaimana mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperluas informasi pendidikan dan pandangan tentang tantangan dan strategi pembelajaran kurikulum merdeka belajar di era digital. Permasalahan yang dihadapi madrasah terkait dengan pengetahuan tentang rencana pembelajaran kurikulum merdeka belajar, karena masih banyak pendidik yang belum mengetahui atau belum menerapkan kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, tim pengabdi melakukan pengenalan sekaligus sosialisasi kepada para pendidik Madrasah Aliyah (MA) Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para pendidik dapat memanfaatkan dari pelatihan dengan narasumber sesuai kemampuannya dan menawarkan solusi yang efektif untuk tantangan dan strategi pembelajaran kurikulum pembelajaran merdeka belajar di era digital di Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas. Hal ini tercermin dari jawaban mereka terhadap kuesioner yang dibagikan dengan jawaban baik dan tidak ada jawaban negatif. Sehingga hasil dari apa yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini menghasilkan sesuatu yang positif. Tim pengabdi juga mendapat manfaat dari sesi pelatihan dengan individu-individu cerdas yang disesuaikan dengan keahlian mereka dan dapat secara positif memengaruhi tantangan dan strategi pembelajaran dari rencana pembelajaran mandiri di era digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...