Penelitian ini berjudul âRagam Penghargaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Jurusan Tunagrahita SDLB Banda Acehâ. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ragam penghargaan yang diberikan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Jurusan Tunagrahita SDLB Banda Aceh. Masalah penelitian ini adalah ragam penghargaan bagaimana saja yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas V SDLB Banda Aceh? Sumber data penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas V Jurusan Tunagrahita Sdlb Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, rekaman, dan wawancara dengan menempuh langkah-langkah berikut (1) mengamati proses belajar-mengajar yang dilakukan guru bidang studi Bahasa Indonesia di kelas V Jurusan Tunagrahita; (2) merekam dan mencatat ragam penghargaan yang diberikan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Ragam penghargaan tersebut mencakup ragam penghargaan verbal dan nonverbal. Untuk penghargaan verbal, pencatatan dilakukan secara langsung dibuku catat dan juga direkam langsung dengan menggunakan handycam untuk menjaga validitas data. Penghargaan nonverbal direkam serta difoto langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam penghargaan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Jurusan Tunagrahita SDLB Banda Aceh meliputi penghargaan verbal, yaitu kata ya, iya, bagus, pandai. Selain kata, ada juga kalimat, yaitu Iya, bagus tepuk tangan, dan Bagus Agus masih ingat. Di samping penghargaan verbal ada juga penghargaan nonverbal, yaitu anggukan kepala, senyuman, gerak mendekati, dan sentuhan. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian selayaknyalah dalam pembelajaran ragam penghargaan diberikan walau hanya dalam bentuk verbal dan nonverbal yang bukan benda. Kata kunci: ragam penghargaan, tunagrahita, SDLBÂ
Copyrights © 2012