Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2023

PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN BAGI SARATHI BANTEN

I Wayan Gede Narayana (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Wayan Andrika Putera (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Ni Kadek Tasya Novita Devi (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Uti Tiasmi (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Muhamad Samsudin (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
I Made Dedi Cahya Sudiarta (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Paulus Theodorus Rasaama Wujon (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah Yoga Sarana Upakara dengan Sarathi Banten bernama Ketut Sri Astini yang berlokasi Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah 1) kurangnya pemahaman mitra terkait manajmen keuangan dan pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan branding produk, sehingga tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahan dan keterampilan mitra dalam manajemen keuangan dan pemasaran produk banten. Target Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah terjadi peningkatan pemahaman mitra terkait manajemen keuangan dan pemasaran produk dengan kriteria pencapaian 80-100%. Target peserta dalam PKM ini berjumlah 3 orang. Metode pelaksanaan pada Program Kemitraan Masyarakat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil analisis pemahaman mitra terkait manajemen keuangan dan branding produk bokor keben ukir menggunakan WhatsApps Business diketahui bahwa (1) sebelum kegiatan pemahaman mitra kurang dalam melakukan pengelolaan dan manajemen keuangan pada usaha yang ditekuni, namun setelah pelatihan seluruh peserta (100%) paham konsep manajemen keuangan dengan kategori baik, (2) sebelum kegiatan pemahaman mitra kurang dalam menggunakan WhatsApps Business untuk order barang dari konsumen, namun setelah pelatihan seluruh peserta (100%) paham penggunaan WhatsApps Business pada kategori baik, (3) sebelum kegiatan pemahaman mitra kurang dalam menggunakan Google My Business untuk pemalsaran produk, namun setelah pelatihan seluruh peserta (100%) paham penggunaan Google My Business pada kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...