Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi

RANCANG BANGUN SISTEM PEMESANAN RUANG MEETING BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT MEDIA SARANA DATA): Design of Web-Based Meeting Room Booking System (Case Study: PT Media Sarana Data)

Devi Anita Sari Devi (Universitas Aisyiyah Yogyakarta)
Danur Wijayanto (Universitas Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

PT Media Sarana Data (Gmedia) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi. Namun perusahaan ini masih memiliki beberapa sistem yang masih beroperasi secara manual contohnya adalah peminjaman ruang meeting, yang berakibat sering terjadinya bentrokan jadwal peminjaman ruangan antar divisi di perusahaan. Dengan adanya permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun mengenai sistem pemesanan ruang meeting berbasis web. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall. Peneliti menggunakan metode waterfall karena kebutuhan sudah jelas di awal. Dengan penelitian ini penulis tidak menyelesaikan tahapan metode waterfall sampai akhir melainkan sampai ditahap sistem design. Hasil penelitian ini berupa rancangan gambaran umum sistem, use case diagram, activity diagram, Entity Relationship Diagram (ERD), dan User interface. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mempermudah untuk pengembangan sistem kedepannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi (ISSN: 2655-7460 (online)) is a Scientific Journal managed by Department of Computer Science Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in November and May) by Institute for Researches and Community Services ...