Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 4 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 50 siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan menggunakan uji t Paired t-test dan uji perbandingan dua sampel. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata skor pretest adalah 70,32. Setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Make A Match diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 89,84. Berdasarkan hasil penelitian, nilai sebelum dan sesudah tes kelas kontrol masing-masing adalah 65,32 dan 80,56. Hal ini dilihat dengan perhitungan uji-t Paired t-test yang membandingkan nilai pretes-postest kelas eksperimen, menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,398 > 2,010. Sementara itu, perbandingan perbedaan rata-rata posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji perbandingan dua sampel menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,333 > 2,010. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Match, Matematika.
Copyrights © 2023