Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan model Project-Based Learning (PJBL) dan media visual interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada tema energi dan perubahan. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas III C di SDN Polisi 1 Kota Bogor sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) dan bantuan media Visual Interaktif dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas III C SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor. Sebelum menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 63,52 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan bantuan media Visual Interaktif menjadi 66,50 pada siklus 1 dan 92,52 pada siklus 2. Oleh karena itu penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam tema energi dan perubahannya materi satuan waktu. Kata Kunci :Project Based Learning, Visual Interaktif, Hasil Belajar Matematika.
Copyrights © 2023