Berbagai guru sering memberikan instruksi selama proses belajar. Belajar matematika adalah salah satunya. Menghitung penjumlahan dan pengurangan adalah batu penjuru dari pendidikan matematika. Namun saat pembelajaran matematika berlangsung tanpa insiden, kendala sering muncul, seperti kesulitan siswa dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan. Tujuan dari penelitian ini ialah agar mengetahui penyebab dari kesulitan belajar matematika pada peserta didik. serta faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik terkhusus di kelas 1B SDN Tegal Cabe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif serta mendeskripsikan tentang kesulitan siswa dalam belajar matematika. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di SDN Tegal Cabe. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa yaitu; rendahnya motivasi belajar pada peserta didik, rendah minat belajar peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran matematika, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran serta penggunaan metode yang kurang tepat. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung, Pengurangan dan Penjumlahan.
Copyrights © 2023