Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PPKn PADA KELAS XII.IPS.3 SMAN 2 TANAH PUTIH

Nazri (SMAN 2 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII.IPS.3 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I siswa yang terlihat memiliki minat terhadap pembelajaran PPKn berjumlah 70,6% meningkat menjadi 89,4% pada siklus II. 2). Penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa adalah 61,8%, meningkat menjadi 85,3% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...