AT-Turost: Journal of Islamic Studies
Vol 10 No 01 (2023): Februari 2023

Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Ridwan Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai rendahnya hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP 3 Negeri Panji Tahun Pelajaran 2022-2023. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran baru dalam kegiatan pembelajaran, guru lebih banyak menggunakan model ceramah, tanya jawab. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 3 Negeri Panji. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. (2) menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP 3 Negeri Panji dengan materi fungsi dan bagian tumbuhan. Hasil peningkatan pada pra siklus hasil rata-rata nilai 31,5% dengan yang tuntas 6 anak, siklus I hasil rata-rata nilai 62,5% dengan yang tuntas 10 anak, siklus II hasil rata-rata nilai 87,5% dengan yang tuntas 14 anak. Kesimpulan pada penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VIII SMP 3 Negeri Panji dapat meningkatkan hasil belajar PAI dengan materi tauhid dalam Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion

Description

At-Turost : Journal of Islamic Studies is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various islamic studies issues. The journal publishes articles of interest to researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in ...