Jurnal Sosial dan Sains
Vol. 3 No. 6 (2023): Jurnal Sosial dan Sains

Pengembangan Media Pembelajaran PowToon dalam Menulis Teks Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Renatalia Triningsih (Universitas Negeri Jakarta)
Nidya Chandra Muji Utami (Universitas Negeri Jakarta)
Fahrurrozzi Fahrurrozzi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Latar Belakang: Keterampilan menulis disebut juga sebagai keterampilan paling akhir dalam aspek keterampilan dari pelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan menulis ini adalah keterampilan yang paling akhir setelah membaca, menyimak, dan mendengarkan. Sehingga menulis teks deskripsi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa. Oleh sebab itu, diperlukan alternatif lain agar pembelajaran bahasa Indonesia lebih menyenangkan seperti penggunaan media PowToon. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowToon dalam menulis teks deskripsi pada pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. pertama. Metode: Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui teknik dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Selain data hasil studi pendahuluan, data angket yang berkaitan dengan dengan validasi produk juga dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. SPSS 25. Hasil: media pembelajaran berbasis PowToon valid sesuai pendapat dari para ahli, dan praktis dalam penerapannya dan memiliki efek yang sangat baik dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dalam menulis teks deskripsi pada pelajaran bahasa Indonesia. Kesimpulan : Media pembelajaran PowToon yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat praktis dan memiliki efek yang sangat potensial dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sosains

Publisher

Subject

Astronomy Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Physics

Description

Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...