Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2022): Desember : Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia

Pendampingan Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran Amancalistung di Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Novita M Boyani (Universitas Katolik Widya Mandira)
Mikhaela D Seran (Universitas Katolik Widya Mandira)
Desy F N Tani (Universitas Katolik Widya Mandira)
Stevy L Kuabib (Universitas Katolik Widya Mandira)
Kanisius F Tinenti (Universitas Katolik Widya Mandira)
Juliano K D Fromin (Universitas Katolik Widya Mandira)
Oktovianus R Leku (Universitas Katolik Widya Mandira)
Sanry M Ratu Edo (Universitas Katolik Widya Mandira)
Yuliana K Fahik (Universitas Katolik Widya Mandira)
Efrilianus Ragat (Universitas Katolik Widya Mandira)
Petrus F Bulu (Universitas Katolik Widya Mandira)
Mariana G E Neonbanu (Universitas Katolik Widya Mandira)
Melania Lisnahan (Universitas Katolik Widya Mandira)
Isdora V Darwis (Universitas Katolik Widya Mandira)
Yohanes Umbu Sogara (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan penguatan literasi untuk mendorong niat belajar dan mengajarkan anak-anak sekolah dasar dalam mengembangkan potensi membaca, menulis dan berhitung. Peningkatan pemahaman ini dapat membantu mereka saat menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 bertempat di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat dilaksanakan oleh 14 Mahasiswa KKNT-PPM Unwira tahun 2022 dengan menggunakan metode ceramah dan praktek langsung. Pada kegiatan ini mahasiswa menjalankan program AmanCalistung singkatan dari adikku mantap membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan amancalistung yang dilakukan membantu anak-anak ini secara bertahap dalam membaca, menulis dan berhitung. Amancalistung yang dibawakan tidak selalu terfokus untuk belajar namun diajari pula untuk menyanyi agar peserta didik tidak cepat bosan dan konsentrasi untuk belajar masih terarah sehingga hasil dari pengabdian ini peserta didik mampu membaca dengan jelas, menulis dengan baik dan berhitung dengan benar.

Copyrights © 2022