Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kolaborasi antara guru dan orang tua dalam konteks pembelajaran 5.0 di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, strategi yang efektif untuk meningkatkan kolaborasi tersebut diidentifikasi, dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi kolaborasi juga dianalisis. Metode penelitian yang digunakan meliputi tinjauan literatur dan analisis data kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru dan orang tua dalam pembelajaran 5.0 memiliki konsep dan manfaat yang signifikan. Konsep kolaborasi mencakup saling mendukung, saling berbagi informasi, dan saling melengkapi peran dalam mendukung pembelajaran holistik siswa. strategi yang dapat digunakan untuk mendorong kolaborasi antara guru dan orang tua dalam pembelajaran 5.0 di konteks sekolah dasar meliputi Komunikasi yang terbuka dan teratur, Kolaborasi dalam perencanaan pembelajaran, Pelibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, Pemanfaatan teknologi komunikasi, serta Pengaturan pertemuan dan kegiatan kolaboratif. Hambatan yang ditemukan dalam kolabrasi guru dan orang tua meliputi, Keterbatasan waktu, Perbedaan harapan, Komunikasi yang tidak efektif, Kendala teknologi, Kurangnya pemahaman tentang peran masing-masing pihak.
Copyrights © 2023