Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Pengaruh Penggunaan Media MS.Sway Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Makassar

Firdayansi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Aliem Bahri (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Paida (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V Upt SpfSD Inpres Perumnas Makassar dengan menggunakan media pembelajaran Ms.Sway. Tujuan penelitian ini untukmengetahui kemampuan dan penggunaan media google book terhadap hasil belajar keterampilan membacapemahaman siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif denganmetode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 40 siswa. Data yang dikumpulkanmenggunakan tes dan hasil data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Hasil penelitianini tentang Pengaruh Penggunaan Media Ms.Sway Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa KelasV UPT SPF SD Inpres Peumnas Makassar siswa lebih aktif dan mudah memahami pada kemampuan membacapemahaman .Sehingga diperoleh rata-rata pada kelas kontrol dalam keterampilan membaca pemahaman sebelumditerapkan pada pre-test yaitu 30,00 dan setelah diterapkan media Ms.Sway pada post-test yaitu 77,80. Dan untukhasil penggunaan media Ms.Sway. Dan rata-rata yang didapatkan kelas eksperimen pada pre-test yaitu 33,80 danrata-rata pada post-test yaitu 81,80. Dari hasil ini maka disimpulkan bahwa penggunaan media google bookberpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan membaca pem ahaman siswa kelas V UPT SPF SD InpresPerumnas Makassar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...