Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan yang sering ditemui dihampir seluruh siswa di sekolah, terkhusus di lokasi penelitian yaitu kurangnya kemampuan komunikasi atau public speaking siswa yang merupakan modal terbesar mereka dalam memasuki dunia kerja atau memasuki jenjang yang lebih atas (perkuliahan). Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik dengan eksplorasi, tanya jawab, dan dokumentasi. Sedangkan hasil penemuan dari penelitian ini adalah (1) strategi kepala program OTKP dalam meningkatkan kemampuan public speaking dengan model discovery learning di kelas XI OTKP 1-2 dengan cara: (a) menanamkan pikiran positif; (b) mengulas pelajaran; (2) penerapan public speaking dengan model discovery learning; (3) kemampuan public speaking siswa kelas XI OTKP 1-2; (4) faktor penunjang: (a) adanya alat bantu; (b) tersedianya koleksi buku di perpustakaan; (5) faktor penghambat: (a) kurang percaya diri; (b) sulit mengembangkan materi; (6) solusi faktor penghambat: (a) banyak latihan; (b) banyak mecari referensi.
Copyrights © 2023