Abstrak. Pelatihan ini mengeksplorasi pera dosen dalam menghindari praktik plagiarisme mahasiswa dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kegiatan pelatihan peran dosen menghindari plagiat ini ini terdiri atas tiga tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan respon peserta sebagai refleksi diri. Data yang kami peroleh dari para peserta, kemudian dianalisis secara kualitatif. Kami mencatat hasil analisa dan menyimpulkan seperti yang kami sajikan dalam makalah ini. Makalah ini menyajikan informasi tentang upaya yang dilakukan dosen dalam meminimalisir praktik plagiarisme mahasiswa. Dari hasil pelatihan ini, diperoleh informasi pentingnya mengedukasi mahasiswa tentang bahaya plagiarisme. Melalui respon peserta pelatihan, kami menemukan bahwa dosen memiliki beberapa sikap dan tindakan untuk menghindari plagiarisme mahasiswa, yaitu mempromosikan kejujuran akademik dan menerapkan hukuman plagiarisme. Mahasiswa diwajibkan merevisi tulisannya, namun sanksi yang lebih berat akan diberikan jika masih terdeteksi plagiarisme, yaitu pengurangan nilai. Para dosen harus menugaskan mahasiswa untuk menyerahkan tugas atau tesisnya untuk keperluan cek plagiarisme. Hasil dari pelatihan ini merekomendasikan bahwa dosen harus memberikan umpan balik dengan penekanan pada kejujuran akademik daripada hukuman. Kata Kunci: Kejujuran akademik; penulisan akademik, penghindaran plagiarisme; peran dosen.
Copyrights © 2023