Journal Islamic Pedagogia
Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia

Media Torso Maneken dalam Pembelajaran PAI Materi Perawatan Jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta

Fadhillah Izzatun Nisa (Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Keterampilan siswa dalam merawat jenazah di SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta masih sangat kurang, sehingga dikhawatirkan belum menghasikan output siswa yang mampu menerapkan nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Torso maneken pada pembelajaran PAI materi perawatan jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan seorang guru PAI dan siswa kelas XI di SMK Dirgantara Putra Bangsa sebagai informan penelitian. Pada pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas XI kurang aktif dan bergairah. Kemudian dilakukan beberapa variasi media diantaranya menggunakan media laptop, LCD, televisi, video pembelajaran, gambar, Torso maneken, dll., (2) Penggunaan media Torso maneken sudah cukup baik dan tujuan pembelajaran tercapai. Selain itu, siswa sangat terbantu dalam menerima materi perawatan jenazah. Kelebihan yang dimiliki media Torso maneken dapat menjawab beberapa kesulitan dan hambatan yang sering dialami, (3) Hasil dari penggunaan media Torso maneken terbukti dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa khususnya kelas XI. Adapun penggunaan media pembelajaran Torso maneken sudah memenuhi tiga kriteria yaitu: mampu mengatasi penjelasan yang terlalu verbalistis, terbatasnya ruang dan waktu, serta sikap pasif siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal Islamic Pedagogia (JIP) is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Indonesia. We invite scientists, ...