Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), Juni 2023

Learning Society Berbasis Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Menuju Era 5.0 (Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Kediri)

Pratama Surya Bagus Kusuma (Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya)
Ficky Dewi Ixfina (Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Berkembangnya teknologi Informasi menjadi salah satu factor yang mempengaruhi era digital 5.0. Teknologi serba digital sangat massif berkembang khususnya pada sector pendidikan di Indonesia. Learning society berbasis literasi digital di munculkan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya lembaga pendidikan islam. Madrasah dikategorikan bermutu yakni apabila dapat mengembangkan potensi untuk semakin berprestasi, baik akademik maupun non akademik. MI Riyadlotul uqul Kediri merupakan madrasah yang memiliki sarana perpustakaan dan mengembangkan budaya literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa, wawancara, dokumentasi dan observasi, Analisis data data berupa, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini pertama tahab pelaksanaan meliputi; penyediaaan lab komputer untuk menunjang learning society, memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran, menyediakan papan informasi berbasis digital, menggunakan aplikasi edukatif. Kedua system pengendali meliputi; sistem pengendali dari pihak madrasah yakni sering mengevaluasi segala bentuk progam penggunakan literasi digital, system pengendali dari lingkup keluarga karena keluarga memiliki peran yang cukup penting untuk kelangsungan pendidikan anak. Ketiga implikasi; mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui jalur prestasi akademik dan non akademik.

Copyrights © 2023