Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 2, No 3 (2023): Juni

Pelatihan Pengukuran Kualitas Pengajar Berbasis Peran Pada Perguruan Tinggi

Yusri Hazmi (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Teuku Zulkarnain (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Faisal F (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Anwar A (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Aryati A (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Faisal Faisal (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Muhammad Nasir (Jurusan Tata Niaga. Politeknik Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Upaya meningkatkan kinerja akademik melalui peningkatan kualitas pengajaran, menjadi ukuran kualitas pengajaran, baik dalam bentuk kualifikasi pendidikan, pengalaman, dan metode pengajaran. Kegiatan ini berfokus pada implikasi pentingnya membuat konsep dan mengevaluasi kualitas pengajar, sehingga diperoleh ukuran yang jelas dan terstandar  dalam melakukan penilaian. Kegiatan ini penting dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme pengajar, yang didasarkan pada konten pendidikan dan evaluasi pengajaran. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa pengajar sebagai sumber daya paling bernilai yang tersedia di perguruan tinggi dan perlu dilakukan penilaian secara objektif. Ada kebutuhan untuk mendifinisikan dan mengukur kualitas pengajar, yang tertuang dalam kebijakan pengajaran. Kebijakan yang berfokus pada kebutuhan dalam melakukan peningkatan kapasitas dalam profesionalisme pengajar, yang tentunya menajdi bagian dari proses evaluasi, terutama berkaitan dengan tugas yang dilakukan pengajar. Kualitas pengajaran harus secara jelas terdefisnisikan dan terukur, sehingga penilaian dapat dilakukan secara objektif dan akuntabelitas.

Copyrights © 2023