Jurnal Bangun Abdimas
Vol 2 No 1: Mei 2023

Pelatihan IT Essentials Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Bagi Para Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta

Nurcahyani Dewi Retnowati (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Tenologi Dirgantara Adisutjipto)
Yuliani Indrianingsih (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Tenologi Dirgantara Adisutjipto)
Asih Pujiastuti (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Tenologi Dirgantara Adisutjipto)
Astika Ayuningtyas (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Tenologi Dirgantara Adisutjipto)
Catur Sudarmadji (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Tenologi Dirgantara Adisutjipto)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Pelatihan IT Essentials dapat menjadi solusi atau penyelesaian dari permasalahan mitra, yaitu SMK Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini karena para siswanya belum memahami tentang IT Essential dan profesional IT khususnya kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan dan belum mendapat sertifikat internasional guna mengukur kemampuan keterampilan siswa. Manfaat dari pelatihan ini adalah para siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang IT Essentials dan juga memahami hubungan antara keterampilan komunikasi yang baik, pemecahan masalah, dan perilaku profesional saat bekerja, selain itu siswa dapat menjelaskan pentingnya manajemen waktu dan profesi serta pengamatan dan kebijakan bisnis perusahaan, juga dapat memberikan contoh konkret tentang jenis proses apa yang terlibat dengan manajemen perubahan. Manfaat lainnya, siswa dapat menjelaskan apa yang dapat dilakukan sebagai bagian dari pencegahan dan pemulihan masalah. Bahasan lainnya adalah para siswa akrab dengan masalah hukum dan etika yang muncul di profesi IT dan perilaku yang tepat ketika menghadapi masalah ini. Sasaran dari pelatihan ini adalah para siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta yang ada di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para siswa dapat lebih memahami tentang profesional IT. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan memberikan dampak yang positif bagi para siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Materials Science & Nanotechnology Public Health Other

Description

Jurnal Bangun Abdimas Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang di Lakukan para Dosen-dosen yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan ...