Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Strategi Pemasaran Brits Hotel Legian Di Era Normal Baru Pasca Pandemi Covid-19

Kadek Mirah Maharani Astika Ayu (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Denok Lestari (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Febianti Febianti (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Bali adalah salah satu destinasi yang paling terkena dampak COVID-19 sehingga mengharuskan untuk memberhentikan operasional maskapai penerbangan, larangan perjalanan wisata dan ditutupnya destinasi wisata bagi wisatawan ini merupakan beberapa kasus kecil yang berdampak pada denyut nadi industri pariwisata di Bali yang sebelumnya sedang mengalami kemajuan pesat. Bali sebagai salah satu destinasi favorit wisman dilaporkan mengalami penurunan kunjungan yaitu 99,93% dibandingkan bulan April 2019 atau year on year. Salah satu akomodasi yang turut merasakan dampak akibat COVID-19 adalah Brits Hotel Legian. Maka penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen Brits Hotel Legian untuk menentukan strategi pemasaran serta efektifitas dari penerapan strategi tersebut dengan teknik bauran pemasaran dan metode SWOT, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan di Brits Hotel Legian. teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, dan Analisis SWOT yang terdiri dari Matrik SWOT, IFAS/EFAS. Hasil penelitian strategi pemasaran di Brits Hotel Legian menunjukkan Brits Hotel Legian berada pada Kuadran II yaitu Diversifikasi dengan Sumbu X (internal) 0.90, dan Sumbu Y (external) -0.62. pada situasi ini Brits Hotel Legian memiliki keunggulan yang mendominasi namun juga menghadapi ancaman yang disebabkan oleh situasi pandemic Covid-19. Usaha yang dapat dilakukan oleh Brits Hotel Legian adalah mengatur ulang strategi, atau mengganti strategi yang lama dengan yang baru. Bali is one of the destinations most affected by COVID-19, requiring airlines to stop operating airlines, travel bans and the closure of tourist destinations for tourists are some of the small cases that have an impact on the pulse of the tourism industry in Bali, which was previously experiencing rapid progress. Bali as one of the favorite destinations for foreign tourists is reported to have experienced a decline in visits of 99.93% compared to April 2019 or year on year. One of the accommodations that have also been affected by COVID-19 is the Brits Hotel Legian. So this research is expected to help the management of Brits Hotel Legian to determine marketing strategies and the effectiveness of implementing these strategies with marketing mix techniques and SWOT methods, so as to increase sales volume at Brits Hotel Legian. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique used is Descriptive Analysis, and SWOT Analysis consisting of SWOT Matrix, IFAS/EFAS. The results of the marketing strategy research at Brits Hotel Legian show that Brits Hotel Legian is in Quadrant II, namely Diversification with the X-axis (internal) 0.90, and the Y-axis (external) -0.62. In this situation, Brits Hotel Legian has a dominating advantage but also faces threats caused by the Covid-19 pandemic situation. The effort that can be done by Brits Hotel Legian is to rearrange the strategy, or replace the old strategy with a new one.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...