Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Strategi pemasaran era new normal di Maca Villas

I Ketut Gde Cahdrika Prabhaswara (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
I Made Trisna Semara (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Ni Putu Isha Aprinica (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Maca Villas & Spa Seminyak harus menemukan strategi baru untuk tetap bertahan dan memenangkan pasar di tengah era new normal yang mengakibatkan perubahan pada segmentasi konsumen. Dalam penelitian ini, peneliti mengedepankan permasalahan mengenai analisa kondisi internal dan eksternal dari Maca Villas & Spa Seminyak saat ini serta menemukan strategi baru yang dapat diaplikasikan kedepannya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT berdasarkan bauran pemasaran 7P, untuk melihat potensi internal dan eksternal Maca Villas & Spa Seminyak, dimana analisis yang digunakan adalah analisis IFAS EFAS, kuadran SWOT, dan matriks SWOT. Dari analisis tersebut didapatkan bahwa Maca Villas & Spa Seminyak terdapat pada kuadran II yaitu Strategi Diversifikasi, dimana hotel ini memiliki keuntungan dari segi kekuatan yang dimiliki tetapi diimbangi dengan ancaman yang tinggi. Hasil dari strategi yang diperoleh, diuji kembali menggunakan analisis QSPM. Strategi utama yang didapatkan dengan skor sebesar 6.76 adalah meningkatkan kinerja Japanese Sales and Marketing serta pengangkatan daily worker apabila diperlukan dalam rangka menyambut bubble travelling yang direncanakan oleh pemerintah. Maca Villas & Spa Seminyak need to find a new strategy to survive and win the market in the middle of new normal era resulting in changes of consumer segmentation. In this research, researcher put forward the issue of Maca Villas & Spa Seminyak internal and external condition analyze and to find out a new strategic that can be used in the further. This research use SWOT analysis based on marketing mix 7P to see Maca Villas & Spa Seminyak internal and external potential, which the analysis that being used is IFAS EFAS analysis, SWOT quadrant, and SWOT matrix. From the analysis, it was found that Maca Villas & Spa Seminyak is in the 2 nd Quadrant, which Diversification Strategy, where the hotel has advantages in term of strength but balanced with high threat. The strategy is retested by using QSPM analysis. The main strategy got 6.76 point, which is improve the performance of Japanese Sales and Marketing and hire a daily worker if it is needed in order to welcome bubble travelling which is planned by the government.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...