JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2023): Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Literasi Dan Numerasi Melalui Penerapan Metode Tadabur Alam Pada Pembelajaran IPS di SMPN 10 Lambu SATAP

Ida Waluyati (STKIP Bima)
Nurkomaria Nurkomaria (STKIP Bima)
Ipa Cintami Jahwa (STKIP Bima)
Kadriyatul Putri (STKIP Bima)
Miswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan Taddabur Alam Tim Kampus Mengajar SMPN 10 Lambu SATAP adalah melaksanakan tujuan dari program Kampus Mengajar dari Kemendikbudristekdikti khususnya pada peningkatan kemampuan iterasi numerasi peserta didik, menghadirkan suasana belajar yang baru, serta meningkatkan kemampuan analisis terhadap lingkungan dan berdampak terhadap keberlangsungan kehidupan siswa sehari-hari. Penanggung jawab kegiatan tadabur alam Kampus Mengajar ini adalah Tim Kampus Mengajar 5 SMPN 10 Lambu SATAP. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VII VIII, dan IX yang berlokasi di sungai sekitar sekolah dan pemukiman warga Dusun Mpori Lembo, Desa Mangge Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima pada Tanggal 06 – 20 April 2023. Hasil penerapan metode tadabbur alam pada pembelajaran IPS ini menunjukkan bahwa  siswa mulai mengenal alam sekitarnya sebagai sumber pembelajaran yang sangat bermakna, aktif dan sangat termotivasi dalam proses pembelajaran di luar kelas, pemahaman materi pembelajaran mudah dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini para siswa mendapatkan suasana belajar baru, kemampuan mengamati alam sekitar, mengetahui tentang manfaat alam sekitar, memahami interaksi manusia dan lingkungan alam, mengagumi ciptaan Tuhan serta menambah wawasan siswa dalam hal keanekaragaman alam sekitar dan penambahan kosa kata Bahasa Indonesia. Metode Taddabur Alam ini hendaknya dapat terus dilaksanakan oleh pihak sekolah dan guru khususnya pada pembelajaran IPS Terpadu untuk mengembangkan daya analisis kontekstual peserta didik terhadap kebermaknaan materi dalam keseharian hidupnya dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial serta sebagai wahana dalam mendukung pembangunan pendidikan di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kualitas pendidikan di sekolah ini dapat di tingkatkan dengan mengoptimalkan kerjasama Kemendikbudristekdikti dengan pihak sekolah yang memiliki nilai AKM rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpabdi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang untuk membantu dosen, guru, perguruan tinggi, sekolah, dan masyarakat dalam meningkatkan keilmuan, inovasi, maupun kesejahteraan. Terbit tiap bulan Maret, Juni, September ...