Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 6, No 1 (2023): In-press

Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Guèle Cosmetics

Friscilla Nikonov (LSPR Institute of Communication and Business)
Yuliana Riana Prasetyawati (Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Kemajuan teknologi telah memperluas prospek bisnis di berbagai industri, termasuk industri kosmetik. Dalam bidang pemasaran, kemajuan teknologi membantu mempromosikan dan menjual merek yang bersangkutan melalui media sosial. Namun, persaingan juga semakin ketat akibat banyaknya kompetitor yang juga memasarkan produknya melalui Instagram. Oleh karena itu, untuk memenangkan persaingan, merek harus memiliki competitive advantage. Hanya merek yang menghasilkan produk dan layanan berkualitas tinggi yang mampu memenuhi permintaan pelanggan yang dapat bertahan dalam persaingan. Maka itu, Guèle Cosmetics menggunakan social media marketing melalui Instagram dan memaksimalkan kualitas produk yang ditawarkan dengan harapan dapat menarik minat beli ulang pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social media marketing melalui Instagram dan kualitas produk terhadap minat beli ulang pelanggan Guèle Cosmetics. Adapun pada penelitian ini menggunakan teori S-O-R. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online  kepada 100 followers Instagram @guele.id meggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social media marketing melalui Instagram dan kualitas produk terhadap minat beli ulang pelanggan Guèle Cosmetics baik secara parsial maupun bersama-sama. Adapun secara parsial variabel social media marketing berpengaruh sebesar 0,727 dan kualitas produk berpengaruh sebesar 0,931. Sedangkan, secara simultan social media marketing dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli ulang dengan persamaan regresi Y = -0,198 + 0,299X1 + 0,688X2. Adapun variabel kualitas produk berpengaruh lebih dominan dibandingkan social media marketing Maka dari itu, social media marketing melalui Instagram yang dilakukan Guèle Cosmetics masih perlu ditingkatkan terutama pada dimensi collaboration.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EXPOSE

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi is a biannual peer-reviewed journal published by Communication Studies, School of Humanities, President University; that has a broad scope related (but not limited) to interpersonal to mass communication issues, public relations, social media and cultural ...