JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 7 No. 4 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

PENGARUH RETURN ON INVESTMENT, DEBT TO EQUITY RATIO, CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK KE DALAM LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Fatricia Rofalina (TK-SD IT Almanar Kota Jambi, Indonesia)
Mukhzarudfa Mukhzarudfa (Dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Rico Wijaya Z (Dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return On Investment (ROI), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Total Asset TurnOver (TATO), Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan-perusahaan LQ 45 terhadap Return saham, dan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan dapat memoderasi hubungan ROI, DER, CR, TATO, dan NPM pada perusahaan-perusahaan LQ 45 terhadap Return saham. Sampel pada penelitian ini adalah 25 (dua puluh lima) Perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ45periode 2017-2019, yang memiliki laporan keuangan lengkap periode 2017-2019. Data dalam penelitian adalah data primer. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan program Warp PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Return On Investment (ROI) pada perusahaan-perusahaan LQ 45 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return saham dalam kurun waktu 2017-2019. Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) pada perusahaan-perusahaan LQ 45 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return saham dalam kurun waktu 2017-2019. Pengaruh Current Ratio (CR) pada perusahaan-perusahaan LQ 45 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return saham dalam kurun waktu 2017-2019. Pengaruh Total Asset TurnOver (TATO) pada perusahaan-perusahaan LQ 45 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return saham dalam kurun waktu 2017-2019. Pengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan-perusahaan LQ 45 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return saham dalam kurun waktu 2017-2019. Ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dalam memoderasi hubungan ROI, CR, dan TATO pada perusahaan-perusahaan LQ 45 terhadap Return saham, namun ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memoderasi hubungan DER dan NPM pada perusahaan-perusahaan LQ 45 terhadap Return saham.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...