Jurnal Pengembangan Kota
Vol 10, No 2: Desember 2022

INFRASTRUKTUR DAN SMART CITY: TINJAUAN BIBLIOMETRIK

Aida Fitri Larasati (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117)
Miftachus Salimah (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117)
Muhammad Lutfi Amrullah (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117)
Eko Budi Santoso (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117)
Rulli Pratiwi Setiawan (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Isu pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat membutuhkan solusi optimal untuk menghadapi tantangan baru dikarenakan adanya transisi era teknologi dalam perkembangan kota dipicu dengan menghadirkan konsep kota pintar. Jurnal ini membahas terkait hubungan antara kota pintar dan infrastruktur melalui kajian bibliometrik; dan mengidentifikasi perkembangan smart city di berbagai kota di dunia untuk dapat diadaptasi pada penelitian mendatang. Hasil dari kajian bibliometrik dengan hubungan, pola dan kata kunci “smart city” dan “infrastructure” dalam kurun waktu 2017 sampai 2021, dihasilkan visualisasi kedekatan hubungan berdasarkan kata kunci. Hasil studi bibliometrik menunjukkan 6 klaster dari 40 negara yang banyak membahas topik penelitian dengan kata kunci tersebut. Temuan lainnya pada tahun 2017 menjadi titik perkembangan smart city yang berkaitan erat dengan perkembangan Internet of Things yang diadaptasi dalam pelayanan publik. Sedangkan pada tahun 2020, temuan bergeser pada topik blockchain dimana banyak penelitian menggambarkan bagaimana internet dan sistem smart city mampu mengefisiensikan pendataan kependudukan, pengaturan keamanan, serta penggunaan sensor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Pengembangan Kota (ISSN: 2337-7062) adalah jurnal ilmiah berisi hasil penelitian dan telaah kritis teoritis mengenai pengembangan perkotaan meliputi: Arsitektur Perkotaan; Perancangan Kota; Ekonomi Pembangunan Wilayah dan Kota; Perumahan dan Permukiman; Perencanaan Transportasi; Perencanaan ...