AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2023)

PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nida Nur'azizzah (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Anggita Maharani (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Banyak sekali anak-anak yang berada pada ekonomi bawah tidak mengenyam Pendidikan dengan baik. Padahal salah satu hak anak yang terlahir di dunia ini ialah mendapat pendidikan. Pendidikan pertama yang mereka dapatkan ialah pendidikan di dalam lingkungan keluarga. Namun karena faktor keterbatasan bahan bacaan, fasilitas belajar, dan kurangnya pendidikan dari orang tua siswa membuat proses pembelajaran seorang anak didalam keluarga kurang terpenuhi. Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan karena akan berpengaruh baik juga terhadap hasil belajar siswa. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Status sosial ekonomi dari suatu keluarga memiliki peranan penting terhadap proses belajar dan perkembangan seorang anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang disimpulkan dan ditampilkan dalam bentuk angka dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengambilan penelitian ini adalah metode angket dan hasil tes tulis dengan uji regresi linear. Hasil penelitian pada siswa sebanyak 20 orang menunjukan bahwa adanya pengaruh kondisi social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,9%. Kondisi social ekonomi orang tua dalam hal ini terdapat tiga aspek yaitu penghasilan orang tua, pendidikan orang tua dan fasilitas belajar. Keadaan sosial ekonomi orang tua sangat erat kaitannya dengan kelangsungan proses pembelajaran seorang siswa. Secara tidak langsung hal tersebut mempunyai peranan penting dalam peningkatan hasil belajar siswa.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AdMathEduSt dengan ISSN : 2355-8199 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. Focus jurnal ini pada publikasi hasil penelitian, kajian dan gagasan pengembangan dalam bidang pendidikan ...