Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya jenis media pembelajaran interaktif berbasis android di SMAN 2 Bantul dalam pembelajaran matematika sehingga hal ini berpengaruh pada proses pembelajaran. Analisis kebutuhan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis android diperoleh persentase lebih dari 80% siswa membutuhkan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat mendukung pengembangan media pembelajaran android dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbentuk aplikasi android dengan bantuan software MIT App Invenor pada pokok bahasan materi peluang. Media yang telah dikembangkan diharapkan dapat menjadi media pendamping siswa dalam belajar matematika. ADDIE dipilih menjadi model pengembangan dalam menciptakan media ini. Dengan skor rata-rata 90,32% dan kriteria sangat baik, penelitian ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Hasil penilaian media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh 92,%, ahli media 95,45%, uji coba kelas kecil 86,25%, dan uji coba kelas besar 87,08%.
Copyrights © 2023