POROS TEKNIK
Vol 14 No 1 (2022)

Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Tokoh Dan Pahlawan Lokal Banjarmasin Berbasis Mobile Augmented Reality Pada Museum Wasaka Banjarmasin

Subandi Subandi (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Ida Hastuti (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Adistya Nadia Azura (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Museum WASAKA merupakan salah satu museum yang terdapat di kota Banjarmasin. Namun, informasi yang didapatkan oleh pengunjung saat ini hanyalah dari tulisan yang berada didekat objek gambar dan penjaga museum tidak dapat menemani pengunjung berkeliling untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai tokoh di dalam objek gambar ataupun benda yang ada, sehingga pengunjung sukar untuk mendapatkan informasi lebih dari koleksi tersebut, dan akhirnya berdampak terhadap minat pengunjung untuk mengunjungi museum tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan aplikasi teknologi Augmented Reality (AR) sebagai promosi museum WASAKA dan upaya menarik minat pengunjung dengan suguhan interaksi AR. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Pengembangan Agile dengan jenis Extreme Programming (XP), yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, desain, pengkodean (coding), dan pengujian. Kemudian metode marker-based tracking sebagai pelacakan. Dengan hasil berupa aplikasi augmented reality yang dapat menampilkan objek 3D dan audio yang menjelaskan tokoh dan pahlawan lokal Banjarmasin yang terdapat pada museum tersebut menggunakan foto pahlawan yang di beri barcode sebagai penandanya. Pengujian aplikasi telah dilakukan yakni secara fungsional, semua fitur dan aplikasi telah berfungsi sesuai dengan yang diharapkan yaitu, aplikasi dapat menampilkan objek 3d, deskripsi, dan audio dari objek tersebut dan aplikasi dapat berjalan dengan baik tanpa terjadi kesalahan pada aplikasi.

Copyrights © 2022