Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

Makalah Hasil Penelitian Sains Mahasiswa: Bagaimana Kualitasnya Jika Difasilitasi Dengan Contoh Makalah?

Muhammad Syazali (Universitas Mataram)
Muhammad Erfan (Universitas Mataram)
Baiq Niswatul Khair (Universitas Mataram)
Aisa Nikmah Rahmatih (Universitas Mataram)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Kelemahan yang selama ini dilakukan dalam melatih keterampilan menulis mahasiswa untuk membantunya dalam menyelesaikan skripsi di antaranya: (1) menulis makalah dari hasil review, dan (2) tidak diberikan fasilitas pembelajaran yang dapat membantu mereka saat menulis makalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas makalah mahasiswa dari hasil penelitian sains. Penelitian pre-eksperimen ini menggunakan rancangan one shoot case study. Sampel berjumlah 109 mahasiswa, dan ditentukan secara purposive sampling berdasarkan kriteria bahwa mereka telah menempuh mata kuliah yang membekali mereka untuk menguasai konsep sains dan metode penelitian. Data yang berhasil dikoleksi dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan kualitas makalah, rata-rata dan proporsi. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kualitas makalah mahasiswa adalah 57.84 (kategori cukup). Walaupun demikian, proporsi terbesar sudah berada pada kategori baik (30.18%). Kategori lainnya berkisar pada proporsi 11.93% (kategori kurang) sampai dengan 28.44% (kategori sangat kurang). Ditinjau dari aspek dan indikatornya, bagian makalah yang masih sulit untuk ditulis di antaranya latar belakang, rujukan di metode penelitian yang bukan uraian teori, pembahasan dan daftar pustaka. Semua subbagian tersebut memiliki kategori sangat kurang. Aspek dan indikator lainnya juga pada kategori kurang dan sebagian besar mencapai kategori baik dan sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa diperlukan fasilitas pembelajaran yang lebih untuk melatih keterampilan menulis mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...