Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Adaptasi Hewan di Sekolah Dasar

Nia Nuraini (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Nataria Wahyuning Subayani (Unknown)
Ismail Marzuki (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Media pembelajaran adalah alat pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book Adaptasi Hewan dan mengetahui validitas serta kepraktisan yang diperoleh dari respon peserta didik terhadap Pop Up Book Adaptasi Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi dan peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 39 Gresik yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diperoleh yaitu, 1) Pop Up Book Adaptasi Hewan dengan skor rata-rata 91% dari validasi ahli media dan 94% dari ahli materi. Pop Up Book Adaptasi Hewan dikategorikan sangat valid karena validator menyatakan Pop Up Book Adaptasi Hewan tersebut layak diujicobakan, 2) Pop Up Book Adaptasi Hewan dengan hasil 96% dari angket respon siswa, sangat valid. Sehingga Pop Up Book Adaptasi Hewan praktis untuk digunakan sebagai alat maupun sumber belajar bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...