Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12 No 1 (2023)

Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam

Fika Farihatul Ijtahidah (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin, Gresik, Indonesia)
Roisatun Nisa' (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin, Gresik, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Berdasarkan hasil PISA capaian indeks Indonesia secara konstan selalu berada pada level bawah dalam indeks PISA. Sehingga pada masa abad 21 Menteri Pendidikan di Indonesia melakukan pemetaan dan mengevaluasi kualitas belajar dan proses pembelajaran melalui Asesmen Nasional yang memiliki 3 instrumen salah satunya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi dasar seperti Literasi Numerasi. Nilai keIslaman dipilih untuk diintegrasikan pada soal Literasi Numerasi, hal ini bertujuan agar generasi selanjutnya mampu menyeimbangkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan tentang keIslaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal Literasi Numerasi SMP Yang Terintegrasi Islam yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs. Tarbiyatus Shibyan Sidorejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar validasi dan angket uji keterbacaan. Hasil pengembangan soal Literasi Numerasi materi bilangan kelas VIII diperoleh nilai validitas dari 2 validator ahli sebesar 4,4 yang berarti soal Literasi Numerasi berada pada kriteria sangat valid, dan nilai reliabilitas sebesar 0,63 yang berada pada kriteria tinggi, sehingga soal Literasi Numerasi yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid dan reliabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...