ARSHI Veterinary Letters
Vol. 7 No. 2 (2023): ARSHI Veterinary Letters - Mei 2023

Extra-hepatic biliary duct obstruction pada anjing ras Dachshund

Nicolas Edward Christanto Kartjito (Program Profesi Dokter Hewan, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Siti Aisyah Rahmalia Effendi (Program Profesi Dokter Hewan, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Gamelita Rizkawandi Solinda (Klinik Hewan Drh. Rajanti and Friends, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang)
Setyo Widodo (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Sus Derthi Widhyari (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Retno Wulansari (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Agus Wijaya (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Fitriya Nur Annisa Dewi (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Deny Setyo Wibowo (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)
Anita Esfandiari (Divisi Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Anjing jantan ras dachsund (Teckel) berwarna hitam, berusia 4 tahun dengan bobot badan 7,5 kg dibawa pemiliknya datang ke klinik hewan dengan keluhan muntah berulang. Hasil pemeriksaan hematologi menunjukkan polisitemia, leukositosis dan jumlah granulosit yang tinggi. Hasil uji biokimia darah menunjukkan peningkatan pada aktivitas SGPT/ALT, GAMA-GT, total bilirubin, total protein, albumin, rasio ALB/GLOB dan rasio BUN/CRE. Hasil radiografi menunjukkan adanya bentukan membulat radiolucent didekat organ hati. Diagnosa kasus klinis pada anjing ini yaitu extrahepatic biliary duct obstruction dan terapi simptomatik dilakukan dengan memberikan gastroprotektan, antiemetik, serta obat-obatan untuk membantu memperbaiki fungsi hati. Pengobatan dilakukan selama 2 minggu dan menunjukan perbaikan pada organ hati berdasarkan hasil pemeriksaan biokimia darah, diikuti dengan tidak ada dilatasi kantung empedu pada radiogram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arshivetlett

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

ARSHI Veterinary Letters (ARSHI Vet Lett) (e-ISSN 2581-2416) is an open access, peer-reviewed, online journal that publishes original manuscript should be produced from latest scientific results which not last than 5 years in all areas of veterinary sciences. Manuscripts is written in Indonesian or ...