Proses belajar mengajar di sekolah tidak terlepas dari peranan sebuah media pembelajaran. Media berperan sebagai perantara dalam proses mengajar agar lebih mudah dipahami dan sebagai alat bantu seorang pendidik untuk menyampaikan ilmu dan materi. Media harus dapat menjangkau seluruh siswa dan menjadi solusi alternatif khususnya pada mata pelajaran TIK yang mana pembelajarannya lebih banyak kearah praktikum. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dapat membantu meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang menarik untuk diterapkan adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Siswa tetap dapat melakukan praktikum dengan melihat barang seperti aslinya, namun dalam bentuk virtual. Pengembangan perangkat lunak berupa aplikasi Augmented Reality ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering dengan tahapan kegiatan sebagai berikut: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Implementasi pembelajaran dengan pendekatan teknologi diharapkan dapat menambah minat dan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran serta membuat pembelajaran lebih interaktif.
Copyrights © 2023