Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran TIK (studi kasus: SMP Negeri 1 Kota Mojokerto)

Moh Alif Hidayat Sofyan (Universitas Negeri Yogyakarta)
Kartika Dewantari (SMP Negeri 1 Kota Mojokerto)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah tidak terlepas dari peranan sebuah media pembelajaran. Media berperan sebagai perantara dalam proses mengajar agar lebih mudah dipahami dan sebagai alat bantu seorang pendidik untuk menyampaikan ilmu dan materi. Media harus dapat menjangkau seluruh siswa dan menjadi solusi alternatif khususnya pada mata pelajaran TIK yang mana pembelajarannya lebih banyak kearah praktikum. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dapat membantu meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang menarik untuk diterapkan adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Siswa tetap dapat melakukan praktikum dengan melihat barang seperti aslinya, namun dalam bentuk virtual. Pengembangan perangkat lunak berupa aplikasi Augmented Reality ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering dengan tahapan kegiatan sebagai berikut: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Implementasi pembelajaran dengan pendekatan teknologi diharapkan dapat menambah minat dan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran serta membuat pembelajaran lebih interaktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...