Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Pengaruh Metode Global Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I SDN Karangrejo 01 Kota Semarang

Nafisya Trisakti Yani (Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Universitas PGRI Semarang)
Ferina Agustini (Universitas PGRI Semarang)
Pramesti Indriastuti (SDN Karangrejo 01 Kota Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Rendahnya keterampilan membaca siswa yang disebabkan karena kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan guna melihat pengaruh dari pemberian metode global terhadap kemampuan membaca peserta didik pada tahap awal. Metode Quasi Experimental Design ialah metode penelitian yang digunakan. Sampel yang dipakai didalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas I yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan uji-t > (12,741>2,060), maka ditolak maka, terdapat perbedaan rerata signifikan nilai pretest dan posttes setelah perlakuan dan uji gain pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,6403 dengan kriteria sedang menyatakan keefektifan metode global. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik menggunakan metode global.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...