Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 3 No. 2: Jurnal Cahaya Mandalika

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. XYZ

Zulkarnaen Zulkarnaen (Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia)
Doni Hikmat Ramdhan (Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Berdasarkan data dari tahun 2019-2022 tercatat 17 kejadian kecelakaan kerja yang dilaporkan di dalam PT. XYZ, dari 17 kecelakaan tersebut 14 diantaranya terjadi di bagian produksi. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi di PT. XYZ. Desain penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu cross sectional. Populasi berjumlah 152 pekerja. Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh, yaitu keseluruhan anggota populasi menjadi sampel. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian 40,1% pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja dengan jenis kecelakaan terbanyak adalah terjepit, kemudian ada hubungan antara pengetahuan, tindakan tidak aman, kondisi fisik, pelatihan dan kondisi tidak aman dengan kecelakaan kerja (p value < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah 40,1% pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja dengan jenis kecelakaan terbanyak adalah terjepit, ada hubungan antara pengetahuan, tindakan tidak aman, kondisi fisik, pelatihan dan kondisi tidak aman dengan kecelakaan kerja, kemudian faktor manusia menjadi faktor dengan variabel paling banyak berhubungan dengan kecelakaan kerja di PT. XYZ.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...