Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 7, No 2 (2023): Attadib: Journal of Elementary Education

Pengembangan permainan domino pecahan level rendah untuk pembelajaran matematika kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan

Ma'ulfi Kharis Abadi (Universitas Banten Jaya)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang banyak tidak disukai siswa sekolah dasar dikarenakan dianggap sulit untuk dipelajari. Materi matematika di sekolah dasar terdapat pembahasan terkait pecahan yang dibagi menjadi fase A, B dan C. Kelas V sekolah dasar masuk pada fase C dengan capaian pembelajaran siswa dapat membandingkan pecahan. Perlu adanya pembelajaran yang menarik pada materi pecahan sehingga siswa menyukai pembelajaran matematika dan siswa dapat sering berlatih matematika. Permainan dianggap mampu menjadi daya tarik siswa dalam belajar. Permainan domino pecahan dapat dikembangkan untuk pembelajaran pecahan kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan domino pecahan level rendah. Metode yang digunakan adalah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi atau biasa disebut ADDIE. Hasil penelitian ini adalah permainan domino pecahan level rendah dapat digunakan untuk kelas V SD. Peserta didik senang dalam lekakukan permainan. Permainan ini memiliki efek pembiasaan konsep pecahan dengan kegiatan perbandingan pecahan sehingga siswa terbiasa terhadap perkalian dan pembagian. Harapannya permainan ini dapat dikembangkan sehingga dapat digunakan di berbagai fase dan tingkatan pendidikan yang lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...