Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif melalui Metode Mind Mapping

Soliantini Soliantini (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Universitas PGRI Palembang)
Siti Rukiyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode mind mapping agar keterampilan siswa dalam menulis teks persuasif meningkat. Masalah pada penelitian ini adalah sejumlah besar siswa belum berhasil mencapai (KKM 75) dalam menulis teks persuasif dikarenakan kesulitan dalam mencari ide ide dan gairah menulis. Metode yang digunakan guru belum dapat mengembangkan gagasan dan gairah menulis bahkan cenderung membosankan. Melalui metode mind mapping diharapkan keterampilan menulis, keaktifan dan motivasi siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tiga siklus, data dikumpulkan melalui observasi guru, siswa, dan pemberian penilaian. Data diinventarisasi, di analisis, dikategorisasikan dan diinterpretasikan. Pada siklus satu hasil pengamatan terhadap guru didapat skor 69 meningkat menjadi 80 dan lebih meningkat lagi pada siklus tiga dengan skor 90, sedangkan pengamatan terhadap siswa siklus satu dari 28 siswa ada 11 orang yang aktif (39%) meningkat menjadi 23 orang (82%) pada siklus tiga menjadi 28 orang (100%). Hasil tes siswa secara klasikal pada siklus satu didapat rata rata nilai 72 meningkat menjadi 75 lebih meningkat lagi menjadi 84. Dari data yang didapat hasil pengamatan terhadap guru, siswa dan tes melalui metode mind mapping hasil belajar, motivasi, keaktifan, dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis meningkat dan berhasil. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Mind Mapping, Teks Persuasif

Copyrights © 2023