Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition

Kesiapan sekolah dalam penerapan program Sekolah Penggerak

Meylanie Rahma Fitri (Unknown)
Azwar Ananda (Universitas Negeri Padang)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang)
Nurman S (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program sekolah penggerak yang harus menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum tersebut nantinya diterapkan untuk seluruh sekolah di Indonesia sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesiapan sekolah maupun guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak di SMP N 1 Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah dan pemahaman guru SMP N 1 Batusangkar terhadap ide kurikulum merdeka, untuk mendeskripsikan kurikulum oleh kepala sekolah sebagai sekolah penggerak, dan untuk mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dialami sekolah dalam menerapkan kurikulum pada sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumen kepada partisipan SMP N 1 Batusangkar, Data yang diperoleh dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru SMPN 1 Batusangkar belum memahami secara komprehensif ide kurikulum sekolah penggerak. Pada penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak dalam pembelajaran, guru SMP N 1 Batusangkar, belum menerapkan pembelajaran sesuai dengan ide kurikulum merdeka. Sehingga guru mengalami kendala dan hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum sekolah penggerak. Guru SMP N 1 Batusangkar menghadapi kendala dan hambatan dalam merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...