Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 4 (2023): JAMSI - Juli 2023

Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan Melalui Penyediaan Sarana Tempat Sampah di Pantai Ayu Lestari Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara

Enry Juliawan (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Musdalifa Musdalifa (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Indah Ayu Purnamasari (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Rahmat Jumardan (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Kartomo Kartomo (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Muhammad Syaiful (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Hariono Hariono (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Sampah merupakan masalah serius yang dihadapi banyak orang di berbagai daerah. Salah satunya di Wisata Pantai Ayu Lestari di Desa Palewai, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk meningkatkan kebersihan dimana seringkali disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan dampak negatif dari tindakan yang tidak menjaga kebersihan. Dengan adanya penyediaan fasilitas tempat sampah yang masih kurang memadai, hal ini menyebabkan kecenderungan masyarakat untuk membuang sampah sembarangan atau tidak ada dorongan untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan, metode pelaksanaan dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi wisata untuk melakukan pembersihan dan menyediakan fasilitas tempat sampah. Sebelum melaksanakan program, kondisi wisata pantai ayu lestari sangat tidak terawat. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi sebelumnya yang menunjukkan bahwa minimnya fasilitas tempat sampah dan banyaknya sampah yang berserakan di lokasi. Setelah melakukan pembersihan dan pengadaan tempat sampah di Wisata Pantai Ayu lestari, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya mulai terbentuk di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi setelah kegiatan yang dimana terdapat tempat sampah yang penuh dan sampah yang berserakan cenderung lebih sedikit.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...