Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal
Vol 4 No 2 (2023): Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal: In Progress

Faktor Penentu Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk: Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee

Panji Ulum (Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo)
Yasmir Yasmir (Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo)
Delvita Juniarsih (Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo)
Ari Andriyas Puji (Universitas Muhammadiyah Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu konsumen dalam membeli produk secara online. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh harga, kemudahan bertransaksi serta kualitas layanan terhadap keputusan pembelian online bagi konsumen yang menggunakan aplikasi Shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 responden yang pernah berbelanja online menggunakan aplikasi Shopee. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda. Data penelitian diolah menggunakan Software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga, kemudahan bertransaksi dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pemberian diskon pada variabel harga menunjukan nilai paling tinggi, sedangkan variabel kemudahan bertransaksi dalam mengakses aplikasi serta kualitas layanan dengan memberikan jaminan (assurance) menjadi faktor penentu dari keputusan pembelian online dengan menggunakan aplikasi Shopee.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MRABJ

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Muhammadiyah Riau Accounting & Business Journal (MRABJ) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Muhammadiyah Riau. MRABJ Published twice a year in April and October. MRABJ is a media of communication and reply forum for scientific works especially concerning the field of ...