Abdine : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pelatihan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Dan Survei Kepuasan Daring Pada DISDUKCAPIL Kota Marabahan

Muhammad Rais Wathani (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Mokhamad Ramdhani Raharjo (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Muhammad Edya Rosadi (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Aulia Rizky Muhammad Hendrik Noor Asegaff (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Muhammad Iqbal Firdaus (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Mirza Yogy Kurniawan (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Nadiya Hijriana (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Tugas utama Disdukcapil Kota Marabahan adalah melakukan perekaman dan pencatatan data kependudukan, selain itu melakukan pengawasan pelaksanaan kegiatan kependudukan dan pencatatan sipil. Dalam pelaksanaannya sudah terdapat beberapa aplikasi yang berhubungan dengan perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan, tetapi belum ada aplikasi yang berfungsi untuk mengawasi kinerja yang telah dilakukan, seperti pengaduan dan saran serta survei kepuasan masyarakat, untuk itu dibangun aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Layanan Pengaduan dan Survei Kepuasan Daring. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk mengajukan saran dan pengaduan demi meningkatkan pelayanan ke arah yang lebih baik atau memberikan survei kepuasan terkait dengan layanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Marabahan. Untuk memberikan pemahaman terhadap tata cara dan teknis penggunaan aplikasi tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi kepada pihak terkait tentang penggunaan sistem tersebut. Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas dan masyarakat mengenai cara menggunakan aplikasi, manfaatnya, serta tujuan dari pengaduan dan survei kepuasan secara daring. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tutorial, demonstrasi dan praktik mandiri, serta diskusi tanya jawab. Hasil dari pengabdian ini adalah keterampilan dan pengetahuan para peserta kegiatan pengabdian semakin bertambah, terbukti dari hasil kemampuan mengerjakan beberapa tugas yang diberikan, sebagian besar lebih mengerti dan siap untuk migrasi dari proses manual ke aplikasi daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdine

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

ABDINE ialah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang didedikasikan untuk mempublikasi hasil-hasil kegiatan Pengabdian yang dilakukan oleh Dosen maupun akademisi. Jurnal Pengabdian Masyarakat ini merupakan jurnal bidang Ilmu Teknologi dan Ilmu – Ilmu Terapan seperti teknik komputer , teknik ...